WAKE UP AND SMELL THE COFFEE

“Wake up, wake up, wake up, wake up
Shut up, shut up, shut up, shut up
It’s time, smell the coffee, the coffee”

The Cranberries meluncurkan album ke 5 mereka di tahun 2001 dengan judul “Wake Up and Smell The Coffee”. Judul album itu juga menjadi salah satu lagu disana.

Kita mungkin lebih familiar dengan Free to Decide, When You’re Gone, Just My Imagination, Zombie, Ode to My Family dan tentunya Linger.

Ketika semalam saya usulkan ke kakak saya untuk memasang “Wake Up and Smell The Coffee” sebagai “quote” di blog saya “espresso pagi”, pertanyaan yang timbul adalah “nanti pada ngerti ga artinya?”
Saya bilang “ya nanti dijelaskan.. pake lagune The Cranberries”
Respon kakak saya.. “emang ada ya lagune?”
๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Saya bukan fans The Cranberries. Saya suka suara Dolores O’Riordan. Cara dia menyanyi seperti bercerita. Mungkin karena latar belakangnya sebagai orang Irlandia. Aksen Irlandia adalah seperti orang melagukan kata-kata.

Lagu Wake Up and Smell the Coffee juga tidak jauh berbeda ketika dia nyanyikan…
“Wake up, wake up, wake up, wake up
Shut up, shut up, shut up, shut up
It’s time, smell the coffee, the coffee”

Tahukan anda bahwa “wake up and smell the coffee” adalah salah satu idiom yang sering banget digunakan namun dipahami bukan sebagai idiom tapi dalam arti kata literalnya?
Jadi ketika ada teman kita yang ngantuk, kita akan bilang ke mereka;
“Bro.. jangan ngantuk.. wake up and smell the coffee”
Atau ketika pagi2 kita bangun dan sedang minum kopi, kita foto kopi kita dan posting di FB sambil dipasang caption “good morning… wake up and smell the coffee”

Arti dari “wake up and smell the coffee” adalah “pay attention and do something about it”.

Jadi ketika kita ada di rumah melihat saudara kita kesusahan dan kita ingin membantu, kita bisa bilang “wake up and smell the coffee”
Ketika kita di kantor dan melihat rekan kerja kita butuh bantuan, kita gunakan idiom yang sama.

Intinya adalah “pay attention”, “kepedulian”!

Jadi…
Pagi hari ini, mau dengan segelas kopi atau semangkok indomie di depan mata…saya menyampaikan salam…
“Wake Up and Smell the Coffee”

โ€ช#โ€Žwakeupandsmellthecoffeeโ€ฌ

Leave a comment