PURPOSE DRIVEN LIFE

Beberapa waktu yang lalu saya menulis mengenai Gung Ho!
Pada prinsipnya setiap karyawan di dalam organisasi akan bergerak dalam roda proses yang efektif jika didasari oleh keinginan pencapaian hasil yang baik.
“Result driven and process oriented” kata orang bijak.

Demikian juga di dalam hidup kita.
Roda proses kita akan bergerak efektif jika didasari oleh keinginan untuk menjadi sesuatu.

Di dalam buku Purpose Driven Life karangan Rick Warren, pertanyaan pertama yang harus kita jawab adalah kehakekatan kita sebagai manusia.
“WHY AM I HERE?”
“WHAT IS MY PURPOSE?”

Dari pertanyaan tersebut dasar kita berproses dalam hidup kita ditentukan. Jika tujuan kita adalah menjadi “orang sukses” (apapun definisi sukses menurut anda), maka kita akan merancang proses-proses dalam setiap langkah hidup kita menuju ke arah itu.
Contoh lain, jika tujuan kita adalah menjadi “orang kaya” (sama juga.. apapun definisi kaya menurut anda), maka anda akan mencari jalan untuk mendapatkan kekayaan itu. Bahkan jika mungkin dengan cara apapun.

Prinsip dasarnya adalah, tidak ada di dalam hidup kita yang akan kita nikmati tanpa kita harus bekerja untuk mendapatkannya. Well.. tentunya diluar takdir Ilahi dan karunia berkat dari Yang Maha Hidup.

Sehingga sangatlah penting untuk kita menentukan tujuan hidup kita. Karena itulah dasar penggerak aktivitas yang akan kita lakukan. Dan.. menjadi cerminan siapa diri kita di dunia ini.
Apakah kita mau menjadi orang yang mengejar uang?
Apakah kita mau menjadi orang yang mengejar karir?
Apakah kita mau menjadi orang yang peduli kepada keluarga?
Semua didasari oleh pertanyaan awal tadi.
“Why am i here? What is my purpose?”

So..
“WHY ARE YOU HERE?”
“WHAT IS YOUR PURPOSE?”
Will define WHO YOU ARE!

Leave a comment