HOW TO BE AN EFFECTIVE “DEMOTIVATIONAL” LEADER

Pagi ini saya tukar menukar text (whatsapp) dengan salah satu teman lama. Beliau salah satu founder konsultan manajemen besar di Jakarta. Kami kenal sudah lama walaupun kontak on-off.
Kami ada janji meeting Senin depan untuk membicarakan potensi proyek.
Salah satu pesan saya kepada beliau adalah “nanti jangan sarkasme ya… kalo gue udah biasa.. temen gua belon”.
Kemudian beliau membalas.. “kan performance-sarcasm-driven.. eh.. ada ga sih istilah itu?”
Saya jawab.. ” adalah… you!”
Text selanjutnya adalah beliau memunculkan ide materi training mengenai “how to be an effective demotivational leader”.
Sejenak saya tertawa.
Namun di hati kecil saya.. saya tergelitik.
Mungkin perlu ada training itu.

Dalam seminggu ini, saya bertemu atau berbincang dengan beberapa pimpinan perusahaan yang demotivasi, negatif, frustasi. Banyak alasan. Tidak adanya pengakuan dari atasan, tuntutan top management yang tidak masuk akal, tim yang tidak kompeten, dijadikan “bemper” saat ada masalah, dll.

Kita selalu bicara mengenai kepemimpinan dengan perspektif pemimpin itu harus mampu jadi role model, memberikan arahan, jadi coach, jadi konselor, jadi motivator. Mereka tidak boleh terlihat “down”. Tidak boleh berkata-kata yang bisa mendemotivasi tim (salah satunya sarkasme tentu)
Kita semua ingin pemimpin yang seperti itu.
Pemimpin yang menurut kita “efektif”.
Well.. the ugly truth is.. there is no leader like that.
Kenapa?
Because they are also human.

Pada satu titik, mereka bisa frustasi.
Mereka bisa masuk dalam pusaran energi negatif.
Mereka juga bisa hilang arah.

Kalau begitu, apa yang membedakan antara pemimpin dengan bukan pemimpin?
Kemampuan untuk bounce back.
Jatuh tapi tidak tergeletak.
Tertekan tapi tidak patah.
Terluka tapi tidak menyerah
Kemampuan untuk tetap menjadi pemenang.

Bagaimana caranya?
Hmmm.. anda harus ikut training saya mengenai “how to be an effective demotivational leader”.
Kapan?
Hmmm… sampai materinya selesai dibuat dulu ya…
Sabarlah menunggu…
Sambil menyesap kopi dan menyantap indomi di pagi hari.. menanti inspirasi…

Leave a Reply

