UNLEASH THE POTENTIAL WITHIN

Kemarin saya membongkar lemari buku. Sekalian pas datang si mas anti rayap, sekalian bersihin buku dan sortir.
Beberapa buku (yang sebenarnya bukan punya saya – sudah lupa juga siapa pemiliknya – maafkan saya ya temans) saya hibahkan ke teman utk melengkapi perpustakaan di area rumahnya.
Baru menyadari (akibat terlalu banyak buku dan sudah mulai jarang membaca) kalo saya punya 1 set buku Master Cooking Boy.
Yup. Buku komik.
Komik mengenai Liu Mao Tsing.
Seorang remaja jenius dalam hal memasak.
Dibilang jenius karena 2 hal:
1. Karena Mao punya “lidah” yang luar biasa sensitif dalam mengenali bahan dan bumbu
2. Karena Mao memiliki “kemampuan” memasak yang unggul.
Jadi dalam bahasa ke “HR” an; Mao memiliki “bakat” dan “skill” unggulan.

Namun buat saya yang menarik dari karakter Mao adalah kemampuan Mao untuk bangkit dari kegagalan atau dari kondisi terpojok (hampir kalah) dan menggunakan seluruh bakat dan skillnya secara kreatif sehingga memunculkan semua potensi menjadi kinerja.

Dalam satu cerita, Mao harus bertanding melawan seorang juru masak Dimsum terkenal.
Ternyata ide mereka dalam membuat siomay sama persis.
Namun secara teknik, Mao kalah.
Dan Mao tahu itu. Jika dia memaksakan ide awalnya, dia pasti kalah.
Disaat yang genting, Mao berganti ide.
Membuat siomay dengan rasa baru dan teknik yang berbeda.
Akhirnya Mao memenangi pertandingan itu.

Banyak cerita di buku itu yang menggambarkan Mao mampu bersaing dan menang, bukan hanya karena mengandalkan bakat dan tekniknya, namun karena kekuatannya dalam mencari jalan mengeluarkan yang terbaik darinya.

Saya menekankan kalimat : “kekuatan mengeluarkan yang terbaik”

Artinya, menggunakan bakat dan keahliannya tanpa batas.

Liu Mao Tsing; Master Cooking Boy.

Leave a Reply

