Habit #10 FAILING GIVING PROPER RECOGNITION

Menurut saya, kebiasaan ini adalah kelemahan para orang dominan (atau secara khusus para leader).
Saya tidak akan terlalu banyak mengulas mengenai hal ini.
Saya sudah pernah menuliskan dengan sudut pandang yang hampir sama di artikel mengenai “GUNG HO”.

Namun jika Gung Ho membahas secara umum apa yang menjadikan suatu tim berjalan dengan baik, maka kebiasaan ini menyoroti perilaku individu yang memang memiliki kesulitan untuk memberikan pengakuan secara pantas.

Ada satu kasus yang mungkin bisa menjadi contoh mengenai hal ini.
Di perusahaan yang pernah saya layani, Managing Director kami adalah tipikal orang Sales dan Marketing.
Pola pendekatannya sangat praktikal dan agresif.
Saat itu saya bertugas sebagai tim Management System yang melakukan analisa performance dan membuat PICA (Problem Identification Corrective Action).
Menariknya adalah, jika performance perusahaan bagus; yang artinya penjualan naik, profit bagus, operasional lancar, maka “bintang” pertunjukan adalah tim Sales dan Marketing. Tidak pernah ada sepatahpun pujian  dikeluarkan untuk tim Supply Chain yang sudah berusaha mengirimkan produk dengan tepat waktu sehingga tim Sales bisa jualan.
Namun jika ada masalah dalam kinerja, taruh kata, penjualan tidak tercapai, maka yang ditanya bukan mengapa tim Sales tidak mampu menjual? Mengapa tim Marketing tidak mampu mempromosikan?
Tapi.. apakah distribusi barang (yang menjadi tugas Supply Chain) terhambat.

Disini saya menyadari.
Atasan saya telah gagal memberikan pengakuan atas kinerja dengan pantas.

Contoh lain.
Jika ruangan kerja anda bersih, tidak ada yang terpikir untuk memuji tim Cleaning Service.
Namun jika ada sampah menumpuk karena semua orang hari itu tiba-tiba secara bersamaan makan di kantor dan membuang bungkus makanan di tempat sampah secara sembarangan, maka tim Cleaning Service dianggap gagal kinerja.

Dan masih banyak contoh lain.
Buat saya..
“Failing giving proper recognition is a production of “take for granted” behavior.

Pertanyaan..
Are you taking for granted?
Are you failing giving recognition?

‪#‎takingforgranted‬
‪#‎recognising‬

Leave a Reply

