E=MC2 (the story of GUNG HO)

17 tahun yang lalu, atasan saya di salah satu bank besar, pak Michael Adryanto, mengenalkan saya pada buku karangan Ken Blanchard berjudul Gung Ho.
Buku yang sangat menginspirasi saya saat itu sebagai orang yang baru saja belajar mengenai Human Resources Management.
Pada dasarnya saya bukan orang HR. Latar belakang akademis saya adalah Marketing dan International Business.
Tapi sejak saya membaca buku itu, saya belajar bagaimana proses pengembangan orang menjadi kunci keberhasilan dalam pencapaian sukses perusahaan.

Kembali ke buku Gung Ho.
Diceritakan di salah satu perusahaan besar, salah satu anak perusahaannya; sebuah pabrik; mengalami kerugian. Terancam mau ditutup dalam waktu dekat. Dikirimlah oleh induk perusahaan itu, seorang GM yang sedang dipuncak kesuksesan utk menyelesaikan masalah di pabrik itu.
Singkat cerita, awalnya sang GM frustasi karena melihat semua divisi di pabrik itu tidak menjalankan fungsi kerja dengan baik, kecuali 1 divisi. Yaitu divisi packaging dan pengiriman.
Saat sang GM bertemu dengan manajer divisi tersebut, dia bertanya, apa yang menjadi kunci suksesnya.
Sang manajer menjelaskan.
Kuncinya adalah GUNG HO.
ENTUSIASME!
Sang GM bertanya, bagaimana caranya?

Pertama, sang manajer memastikan semua orang di divisinya memiliki TUJUAN yang sama. Yaitu pengiriman barang tepat waktu bahkan lebih cepat dengan biaya yang efisien. Dari tujuan ini, mereka sepakat untuk selalu mencari cara tercepat dan termurah yang mampu mereka lakukan.

Kedua, sang manajer membuat suatu skema INSENTIF bagi tiap lini kerja. Untuk setiap penghematan biaya atau percepatan proses pengiriman, individu atau kelompok kerja dalam unit tersebut akan mendapatkan insentif.

Ketiga, sang manajer membuat suatu kegiatan SELEBRASI sebagai bentuk apresiasi untuk setiap keberhasilan pencapaian target.

Singkat kata, Entusiasme = Mission x (Cash x Celebration)
E = MC2.

Semalam saya diskusi dengan sahabat saya Theodore Pribadi (founder dan Direktur éclat Consulting). Beliau bilang, untuk membuat suatu orang atau perusahaan bisa sukses, kita harus RESULT DRIVEN dan PROCESS ORIENTED.

Setuju.
Sama persis dengan formulasi Gung Ho di atas.
Mission sebagai penggerak menuju hasil yang diharapkan.
Cash dan Celebration adalah penggerak orang-orang untuk menjalankan proses sehingga menuju hasil.
Entusiasme adalah warna dan semangat untuk berproses menjadi lebih baik.

Anda ingin team anda menjadi team yang antusias?
Misi saja tidak cukup.
Uang saja tidak cukup.
Apresiasi saja apalagi.
Anda harus menjalankan formulanya; E = MC2.

Sama seperti malam ini, indomi kuah buat saya tidak cukup.
Saya butuh nasi goreng kambing plus singkong goreng asin agar saya semangat nonton piala Eropa nanti malam.

GUNG HO!!!!

Leave a Reply

