SERENITY

Berdasarkan kamus Webster, arti kata
SERENITY : The state quality of being seren, calm or tranquil.
SEREN : untroubled.

Arti bebasnya di dalam bahasa Indonesia adalah “ketenangan yang bermakna dan jernih”.

2 minggu lalu saat bertugas mengajar di Medan, saya sempat berbincang-bincang dengan Rum Martani, penulis buku Karena Hidup Sungguh Berharga.
Di salah satu bab bukunya; mengenai Rekreasi; Rum bercerita bagaimana di dalam kesibukan hidup, kita butuh waktu untuk keseimbangan. Di salah satu sudut cerita, Rum menceritakan mengenai sahabatnya Rani yang memilih diving untuk menyeimbangkan hidup.

Saat itu saya berkomentar,
“Wah.. nek aku diving malah ora seimbang.. wediii banyuu… (wah.. kalau saya diving malah tidak seimbang.. takut air)”
Rum menanggapi dengan komentar yang sangat normatif namun tepat, semua orang berbeda dalam menyeimbangkan hidupnya.

Beberapa hari ini, saya merasa lelah.
Dengan jadwal traveling yang saling susul menyusul, dan padatnya tenggat waktu, membuat saya kelelahan. Secara fisik maupun emosi.
Sehingga pada saat tiba-tiba (blessing for the cancelation) saya memiliki 3 hari kosong, saya sangat bersyukur.
Well.. tidak benar-benar kosong sih.. karena saya tetap harus bekerja secara mandiri dari rumah. Namun setidaknya saya tidak perlu berjibaku dengan kemacetan di Jakarta.
Saya bisa beristirahat. Mencari keseimbangan.
Dan..3 hari ini saya menemukannya.

A cup of coffee (and food) and musik.

Saya bisa saja berada di area kafe yang sangat berisik, namun ketika saya menyesap kopi, saya merasa jernih. Tenang.

Sebagaimana setiap suapan makanan yang menenangkan hati (apalagi suapan indomi kuah pake rawit panas-panas di hari hujan), musik menjernihkan pikiran saya.

That’s my serenity.
As simple as a cup of coffee, good food and good music.
(perut kenyang, hati senang, pikiran tenang)

What is your serenity?

Leave a Reply

