CONTINUOUS LEARNING

Saya selalu membawakan materi ini jika mengajar. Khususnya ketika melalukan pembukaan dan setting pola pikir dan menyamakan persepsi ke para peserta.

Konsep yang diusung adalah Learning Mental dan Learning Behavior.

Learning mental berisi Self Awareness-Self Acceptance-Self Improvement.
Jadi proses “SADAR-TERIMA-PERBAIKAN”.

Sementara bicara mengenai Learning Behavior bertajuk Observe-Assess-Develop-Improve.
Artinya proses “LIHAT-PELAJARI-BANGUN-PERBAIKAN”.

Yang menarik adalah apakah itu mental ataupun perilaku, proses pembelajaran (learning) adalah proses untuk perbaikan.

Banyak orang menyatakan dirinya adalah orang pembelajar. Bahkan banyak perusahaan yang menjadikan “Continuous Learning” sebagai salah satu perilaku inti di dalam organisasi.
Biasanya turunan dari perilaku ini adalah:
1. Jumlah training
2. Jumlah coaching and counseling
3. Adanya individual development plan

Salah satu eksekutif perusahaan pernah bertanya kepada saya, bagaimana menilai kinerja “continuous learning”?
Si bapak cerita,
“Saya sudah memberikan training. Budget saya besar untuk memberikan training kepada karyawan saya. Manajer-manajer saya ikutkan training coaching, biar mereka bisa meng-coach timnya. IDP sudah berlembar-lembar dibuat, mau untuk talent ataupun karyawan.”
Saya menunggu.
“Nah.. apakah demikian sudah cukup? Kok rasanya jadi perusahaan telah berinvestasi tapi ga berasa hasilnya ya…”
Saya masih terdiam.
“So.. gimana menurutmu?”

Saya bertanya balik,
“Apakah dengan training, karyawan bapak menjadi lebih pandai?
Apakah setelah di coach karyawan bapak menjadi lebih trampil?
Apakah dengan memiliki IDP karyawan bapak menjadi lebih efektif?”

Si bapak terdiam sejenak sebelum menjawab..
“Ooo.. jadi gitu ya caranya untuk melihat apakah proses “continuous learning”-nya berhasil.. hmm.. terus terang saya ga pernah check lagi..”

Buat saya.. pembelajaran adalah proses menjadi lebih baik. Jadi buatlah proses belajarnya menjadi proses perbaikan.
Itu aja….

“If you say you learn but you don’t improve, think again, maybe you are not learning, you just saying”
(Liliana Hartono)

Leave a Reply

