PERASAAN VS PIKIRAN

Beberapa waktu yang lalu, saat mengikuti training Coaching, Coach Al menyebutkan mengenai “State of Feeling”.

Dahi saya berkerut.

Penjelasan lebih lanjut adalah perasaan yang terdalam. Perasaan yang sesungguhnya. Yang mempengaruhi keyakinan dan yang mendorong orang untuk melakukan suatu tindakan.

Dahi saya semakin berkerut.

Kemudian saya bertanya.. apa bedanya dengan “state of mind?
Saya mulai mendebat dengan teori-teori mengenai cara kerja otak, bagaimana otak memprogram syaraf dan itulah yang mempengaruhi yang disebut perasaan.
Coach Al sambil tersenyum menjawab.. apapun namanya.. yang penting kamu tahu yang dimaksud.
Saya terdiam. Belum puas sebenarnya.

Semalam saya berdiskusi dengan 2 orang leader di salah satu perusahaan besar Indonesia. Selama hampir 3 jam kita diskusi sambil makan malam. Saya tercerahkan mengenai proses kerja perasaan (state of feeling) dan pikiran (state of mind).
Dalam konteks ilmu per “otak” an.. mungkin bisa di bilang sama, namun dalam ilmu studi perilaku manusia menjadi berbeda.

State of mind adalah concious (kesadaran)
State of feeling adalah embrace (kesiapan menerima)

Pernah ga anda melakukan sesuatu yang salah, kemudian orang lain menunjukkan kesalahan itu dan anda bilang:
“Gua tahu gua salah.. tapi gua ga suka caranya”
Kalimat pertama adalah pikiran.
Kalimat kedua adalah perasaan.
Anda sadar.. tapi tidak siap menerima.

Sama hal nya kita para recruiter ketika menilai kandidat mulai bicara mengenai “chemestry“.
“Orangnya OK lho.. tapi kok rasanya “off” ya…”

Biasanya.. perasaan yang menang. Karena perasaan yang memunculkan manifestasi fisik. Sakit, sehat, semangat. Perasaan yang berperan dalam dinamika hubungan antar manusia.

Pesimis-optimis. Suka-Benci. Sedih-Gembira.

Ternyata sadar saja tidak cukup. Butuh kesiapan untuk menerima keadaan dan kondisi yang bisa menjadi pemacu di dalam bertindak. Bahkan bertindak di luar batas pikiran manusia.

Saya sadar indomie itu tidak sehat (state of mind)..
tapi.. saya sukaaaaaaa (state of feeling)

Anda tahu dong mana yang menang…

Leave a Reply

